Pengemasan Pesan Edukasi Kesehatan pada Akun Instagram (Analisis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @iccc.id dan @yayasankankerid Periode Januari-Desember 2023)

Dwiva, Fisya Alyo (2024) Pengemasan Pesan Edukasi Kesehatan pada Akun Instagram (Analisis Isi Kualitatif pada Akun Instagram @iccc.id dan @yayasankankerid Periode Januari-Desember 2023). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (953kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (165kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (173kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. Dartar Tabel.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (88kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (7MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (348kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (849kB)

Abstract

Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan, menyatakan bahwa kasus kanker di Indonesia mencapai 420.000 dengan kematian sebanyak 242.000 orang. Peningkatan ini menunjukkan kurangnya edukasi masyarakat tentang kanker. Media sosial bisa menjadi sarana bagi komunitas seperti Indonesia Cancer Care Community (@iccc.id) dan Yayasan Kanker Indonesia (@yayasankankerid) untuk memberikan informasi mengenai kanker. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengemasan pesan edukasi kesehatan mengenai kanker oleh @iccc.id dan @yayasankankerid pada Januari-Desember 2024. Pesan edukasi adalah sebuah pikiran dan perasaan yang mengandung nilai ajaran positif dari seseorang dengan tujuan untuk mendidik orang yang menerima pesan tersebut. Edukasi kesehatan merupakan sebuah proses dinamis yang bertujuan untuk merubah perilaku manusia tidak hanya melibatkan pengiriman materi atau teori dari satu individu ke individu lain atau hanya dengan memberitahukan tata cara saja. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif untuk meneliti elemen pengemasan pesan edukasi yang meliputi tema pesan, bentuk pesan, bentuk konten, dan tanggapan pesan. Hasil menunjukkan bahwa @iccc.id didominasi tema pesan faktor dan gejala, bentuk pesan informatif, konten gambar atau single post, dan mendapat tanggapan positif. Sedangkan @yayasankankerid didominasi tema pesan fakta kanker, bentuk pesan informatif, konten multiple feed atau carousel, dan mendapat tanggapan positif.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kanker, Pesan edukasi kesehatan, Instagram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fisya Alyo Dwiva
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:25
Last Modified: 03 Feb 2025 01:27
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item