The Effect of Attachment Styles on Celebrity Worship in K-Pop Fans with Age as a Moderator

Jayanti, Irnawti (2025) The Effect of Attachment Styles on Celebrity Worship in K-Pop Fans with Age as a Moderator. Sebatik, 29 (1). pp. 181-193. ISSN 2621-069X

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (262kB)
[img] Text
File Jurnal.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (710kB)

Abstract

Semakin populernya K-Pop di Indonesia telah menarik perhatian berbagai kelompok usia, terutama remaja dan dewasa awal. Keterikatan penggemar terhadap idola K-Pop dapat dipahami melalui konsep celebrity worship. Celebrity worship terbagi menjadi tiga tingkat, yaitu entertainment-social sebagai tingkat terendah, intense-personal sebagai tingkat sedang, dan borderline-pathological sebagai tingkat tertinggi. Remaja dan dewasa awal menunjukkan perbedaan dalam hal celebrity worship. Di sisi lain, gaya keterikatan (attachment styles) berkembang sejak masa kanak-kanak dan membentuk pola keterikatan yang terbawa hingga dewasa. Terdapat empat jenis attachment style, yaitu fearful, dismissing, preoccupied, dan secure. Penelitian ini meyakini bahwa celebrity worship dapat dipengaruhi oleh attachment style pada penggemar K-Pop remaja dan dewasa awal. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji pengaruh attachment style terhadap celebrity worship dengan usia sebagai variabel moderator. Penelitian ini melibatkan penggemar K-Pop remaja dan dewasa awal, serta menggunakan Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Attachment Style Questionnaire (ASQ) sebagai alat ukur. Analisis data dilakukan menggunakan uji two-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia memoderasi pengaruh attachment style terhadap celebrity worship. Gaya keterikatan dismissing memengaruhi dimensi entertainment-social pada dewasa awal, namun tidak pada remaja. Temuan ini menekankan pentingnya tahapan perkembangan usia dalam memahami pengaruh attachment style terhadap celebrity worship.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: Usia, Attachment Styles, Celebrity Worship, Penggemar K-Pop, Efek Moderasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Irnawati Jayanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:38
Last Modified: 23 Jul 2025 01:39
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item