Partisipasi Publik pada Advokasi Pemberdayaan Pekerja Perempuan oleh Komunitas Virtual @wewaw.id

Kartika, - (2025) Partisipasi Publik pada Advokasi Pemberdayaan Pekerja Perempuan oleh Komunitas Virtual @wewaw.id. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan partisipasi publik pada advokasi pemberdayaan pekerja perempuan yang dilakukan oleh komunitas virtual @wewaw.id di media sosial Instagram. Penelitian ini menjadi penting dan menarik karena mengingat masih terbatasnya komunitas virtual di Indonesia yang memiliki fokus spesifik terhadap isu pemberdayaan pekerja perempuan. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi konten Instagram komunitas @wewaw.id pada periode Mei 2024 - Mei 2025, serta wawancara mendalam kepada pengelola dan non pengelola akun Instagram komunitas @wewaw.id. Metode konfirmabilitas dan teknik triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini. Terdapat tiga temuan utama dalam penelitian ini. Pertama, isu advokasi yang diangkat oleh komunitas mencakup 4 tema besar, yaitu peluang kerja, diskriminasi, beban ganda, dan kekerasan di tempat kerja. Kedua, bentuk advokasi yang dijalankan bersifat langsung, yaitu program mentorship dan kampanye digital, yang ditunjukkan melalui partisipasi anggota dalam mengikuti program serta menyebarluaskan pesan kampanye ke media sosial lain secara lebih luas. Ketiga, komunitas perlu meningkatkan performa manajemen media terutama Instagram, karena rendahnya interaksi ataupun keterlibatan audiens (non anggota) dalam isu yang diangkat. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada upaya untuk merumuskan dan menawarkan model alur strategi advokasi komunitas virtual, dalam hal ini @wewaw.id, sebagai bentuk kontribusi teoritis terhadap kajian advokasi digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi penelitian lanjutan terkait dengan praktik advokasi digital dalam konteks pemberdayaan kelompok marginal, khususnya pekerja perempuan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Komunitas Virtual, Advokasi Digital, Women Empower Women At Work, Pekerja Perempuan, Instagram
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kartika Kartika
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:06
Last Modified: 25 Jul 2025 07:07
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item