Pemanfaatan Media Cetak dan Digital sebagai Sarana Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Publik (Kampanye #IngatNomorDarurat Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan)

Renadalega, Renjana Bening (2025) Pemanfaatan Media Cetak dan Digital sebagai Sarana Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Publik (Kampanye #IngatNomorDarurat Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (616kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (145kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (981kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (973kB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BUKTI LOLOS SIMILARITY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan media cetak dan digital dalam kampanye #IngatNomorDarurat sebagai sarana edukatif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap nomor layanan darurat Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, studi dokumentasi, dan keterlibatan aktif penulis dalam proses perencanaan hingga distribusi media kampanye. Hasil analisis menunjukkan bahwa media cetak seperti flyer, brosur, dan banner efektif menjangkau masyarakat di ruang publik dan mampu menyampaikan pesan secara visual dan langsung. Sementara itu, media digital berupa video Public Service Announcement (PSA) dan Video News Release (VNR). Hasil kampanye menunjukkan bahwa media cetak flyer lebih diterima oleh masyarakat berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan distribusi sebanyak 165 flyer, serta media digital public service announcement (PSA) mendapatkan lebih banyak respon positif melalui sosial media Instagram @damkartangselofficial. memiliki jangkauan luas melalui platform media sosial serta mampu menyampaikan pesan dengan pendekatan yang lebih emosional dan interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa kombinasi media cetak dan digital berperan signifikan dalam menyampaikan pesan keselamatan publik secara menyeluruh dan berlapis. Hal ini juga menunjukkan pentingnya strategi distribusi dan desain visual dalam memaksimalkan efektivitas pesan dalam kampanye komunikasi publik.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Komunikasi, Nomor Darurat, Media Cetak, Media Digital, Pemadam Kebakaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Renjana Bening
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:38
Last Modified: 25 Jul 2025 01:40
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11498

Actions (login required)

View Item View Item