Pengelolaan Instagram dalam Kampanye Hubungan Masyarakat untuk Meningkatkan Engagement Rate (Kegiatan Kampanye #SajianJadiKenangan oleh Warung Bumi Sadayana)

Maskhila, Ulfiana Nur (2025) Pengelolaan Instagram dalam Kampanye Hubungan Masyarakat untuk Meningkatkan Engagement Rate (Kegiatan Kampanye #SajianJadiKenangan oleh Warung Bumi Sadayana). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (56kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BERITA ACARA UNGGAH MANDIRI (1).pdf

Download (295kB)
[img] Text
REVIEW SIMILARITY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di tengah perubahan gaya hidup masyarakat urban, momen kebersamaan seperti makan bersama keluarga semakin jarang dilakukan. Hal ini tidak hanya berdampak pada kualitas komunikasi dalam rumah tangga, tetapi juga melemahkan ikatan emosional antaranggota keluarga. Sementara itu, Warung Bumi Sadayana sebagai rumah makan yang mengusung konsep kekeluargaan menghadapi tantangan dalam menjangkau audiens digital secara lebih luas dan bermakna. Instagram yang sebelumnya hanya menampilkan visual suasana makan belum mampu membangun interaksi aktif. TikTok belum dimanfaatkan secara maksimal, meskipun potensial untuk menjangkau generasi muda melalui gaya penyampaian yang lebih santai dan edukatif. YouTube bahkan belum digunakan sama sekali sebelum kampanye dimulai. Kampanye #SajianJadiKenangan hadir dengan pendekatan strategis untuk membangun kedekatan emosional melalui penguatan komunikasi digital, terutama di Instagram sebagai kanal utama, didukung oleh TikTok dan YouTube. Strategi konten dikembangkan dengan nilai inspiring, educational, engaging, dan informative, serta mengacu pada model perencanaan PR dari Wilcox dan Reber. Hasilnya menunjukkan peningkatan engagement rate Instagram sebesar 2,91%, menandakan efektivitas strategi dalam menciptakan keterlibatan audiens. Kampanye ini tidak hanya mempromosikan brand, tetapi juga menghidupkan kembali makna kebersamaan keluarga melalui momen sederhana yang bermakna.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kampanye Sosial, Media Sosial, Makan Bersama, Komunikasi Strategis, Keluarga Harmonis
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ulfiana Nur Maskhila
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:16
Last Modified: 24 Jul 2025 07:17
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item