Perancangan Buku Infografis “Galaksi Teknologi” tentang Sejarah Perkembangan Teknologi dalam Film Genre Science Fiction untuk Remaja 14–17 Tahun

Alingga, Aiman Marfa (2025) Perancangan Buku Infografis “Galaksi Teknologi” tentang Sejarah Perkembangan Teknologi dalam Film Genre Science Fiction untuk Remaja 14–17 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
01. Pendahuluan.pdf

Download (840kB)
[img] Text
02. Abstract.pdf

Download (191kB)
[img] Text
03. Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
04. Daftar Isi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
05. Daftar Gambar.pdf

Download (176kB)
[img] Text
06. Daftar Tabel.pdf

Download (153kB)
[img] Text
07. Daftar Lampiran.pdf

Download (175kB)
[img] Text
08. Bab 1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
09. Bab 2.pdf

Download (571kB)
[img] Text
10. Bab 3.pdf

Download (563kB)
[img] Text
11. Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. Bab 5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (243kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. Berita Acara Unggah Mandiri.pdf

Download (298kB)
[img] Text
16. Bukti Lolos Plagiarisme.pdf

Download (655kB)

Abstract

Remaja Indonesia menunjukkan kecenderungan rendah dalam berpikir inovatif. Laporan Global Innovation Index (2023) menempatkan Indonesia di peringkat ke-61 dari 132 negara, di bawah negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Fenomena ini mengindikasikan ketidakseimbangan antara akses teknologi dan kemampuan berpikir kreatif remaja. Paparan konten digital yang instan menyebabkan penurunan kemampuan berpikir reflektif, yang berdampak pada kurangnya rasa ingin tahu mendalam pada remaja. Film, khususnya genre science fiction, memegang peran penting dalam membentuk imajinasi dan pemikiran remaja. Film seperti The Matrix dan Interstellar menggambarkan kemungkinan masa depan yang terkait dengan perkembangan teknologi. Genre ini juga terkait erat dengan futurisme, yang mendorong generasi muda untuk berpikir visioner mengenai masa depan dan inovasi. Penelitian British Film Institute (2021) menunjukkan bahwa film dapat meningkatkan pemahaman remaja terhadap isu-isu teknologi dan sosial kontemporer. Banyak remaja Indonesia yang menggunakan teknologi hanya untuk konsumsi, bukan untuk eksplorasi atau penciptaan. Penurunan kualitas perhatian dan rendahnya inisiatif inovatif menjadi tantangan yang perlu diatasi. Buku infografis ini dirancang untuk memperkenalkan perkembangan teknologi melalui film science fiction dengan elemen augmented reality (AR). Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang teknologi, menggali imajinasi remaja, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Infografis, visualisasi 3D, dan AR, buku ini menyajikan perkembangan teknologi dalam film dari revolusi industri pertama hingga kelima. Buku ini tidak hanya menginspirasi remaja untuk berpikir futuristik tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas perhatian dan inovasi remaja Indonesia dengan menggunakan pendekatan visual dan teknologi yang sesuai dengan perilaku digital mereka.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Science Fiction, Fiksi Ilmiah, Teknologi, Augmented Reality
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Aiman Marfa Alingga
Date Deposited: 29 Jul 2025 10:23
Last Modified: 29 Jul 2025 10:24
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item