Perancangan Game Mobile "Petualangan Pandawara" sebagai Media Edukasi Menjaga Lingkungan Perairan untuk Usia 11-15 Tahun

Buana, Siti Shellma Putri (2025) Perancangan Game Mobile "Petualangan Pandawara" sebagai Media Edukasi Menjaga Lingkungan Perairan untuk Usia 11-15 Tahun. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (261kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI - 2021061059 - Siti Shellma Putri Buana.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity - 2021061059 - Siti Shellma Putri Buana.pdf

Download (866kB)

Abstract

Pencemaran perairan di Indonesia masih menghadapi tantangan besar yang berdampak pada lingkungan, kesehatan, dan kehidupan sehari-hari masyarakat. Kurangnya kesadaran, terutama di kalangan anak dan remaja, menjadi salah satu faktor yang memperburuk kondisi ini. Perancangan ini bertujuan menciptakan game edukasi yang berjudul “Petualangan Pandawara” untuk anak usia 11–15 tahun, guna menumbuhkan kepedulian serta partisipasi generasi muda terhadap pelestarian lingkungan perairan di Indonesia. Game ini menggunakan karakter yang terinspirasi dari Pandawara Group, tokoh nyata yang dikenal melalui aksi bersih-bersih lingkungan perairan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara. Hasil perancangan menunjukkan bahwa game ini mampu meningkatkan pemahaman, empati, dan keinginan pengguna untuk berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan perairan. Perancangan ini diharapkan dapat mendorong tindakan nyata serta menunjukkan bahwa game edukasi merupakan media yang efektif untuk menumbuhkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan perairan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Lingkungan Perairan, Kesadaran Lingkungan
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Siti Shellma Putri Buana
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:47
Last Modified: 30 Jul 2025 02:50
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11663

Actions (login required)

View Item View Item