Digital Parental Mediation Para Ibu pada Penggunaan Tiktok di Kalangan Anak (Studi Kualitatif Para Ibu Milenial di Jabodetabek pada Penggunaan TikTok di Kalangan Anak)

Novianti, Tiara Zahira (2025) Digital Parental Mediation Para Ibu pada Penggunaan Tiktok di Kalangan Anak (Studi Kualitatif Para Ibu Milenial di Jabodetabek pada Penggunaan TikTok di Kalangan Anak). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI Mahasiswa.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Bukti Lolos Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan TikTok di kalangan anak terus meningkat, baik dari segi jumlah pengguna maupun ragam konten yang mereka akses. Fenomena ini menimbulkan kekhawatiran terkait dampak konten digital terhadap perkembangan anak, sehingga peran ibu sebagai gatekeeper menjadi sangat penting dalam membatasi dan membimbing konsumsi media digital anak. Untuk memahami peran tersebut, penelitian ini menggunakan konsep digital parental mediation dari Sonia Livingstone sebagai pisau analisis utama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk mediasi digital yang diterapkan oleh para ibu dalam mengawasi penggunaan TikTok oleh anak-anak mereka. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap enam orang ibu dari generasi milenial (berusia 27–35 tahun) yang memiliki anak usia 4–11 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para ibu menerapkan keempat strategi digital parental mediation, dengan kecenderungan dominan pada restrictive dan active mediation. Selain itu, strategi mediasi yang digunakan dipengaruhi oleh faktor seperti kemampuan dan pengalaman ibu dalam menggunakan TikTok serta karakteristik perkembangan anak. Penelitian ini merekomendasikan studi lanjutan mengenai tingkat literasi digital ibu dalam konteks penggunaan media sosial oleh anak.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Parental Mediation, Tiktok, Ibu, Anak
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Tiara Zahira Novianti
Date Deposited: 04 Aug 2025 01:45
Last Modified: 04 Aug 2025 01:46
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item