Siswoyo, Benjamin Nickel (2025) Pembuatan Mini Game dengan Scratch untuk Edukasi Anak - Anak. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Abstract.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Orisinal KP.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Prakata.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
Daftar Lampiran.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (739kB) |
![]() |
Text
Berita Acara Unggah Mandiri KTI (1).pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
Similarity KP.pdf Download (183kB) |
Abstract
Selama pelaksanaan kerja profesi, praktikan ditempatkan sebagai guru kelas 2 di Sekolah Sinar Cendekia. Praktikan bekerja sebagai guru IT. Laporan kerja profesi ini membahas pembuatan mini game sebagai edukasi untuk anak-anak. Scratch merupakan sebuah bahasa pemrograman visual yang menggunakan blok, dan dikembangkan oleh MIT Media Lab. Aplikasi ini dibuat khusus untuk anak-anak dan pemula yang ingin mempelajari pemrograman tanpa harus menghadapi kesulitan dalam menulis sintaks kode yang kompleks. Dalam pelaksanaan kerja profesi ini, dilakukan metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan guru dan siswa terkait materi yang dapat diintegrasikan ke dalam game, perancangan alur cerita dan mekanisme game sederhana, serta implementasi menggunakan antarmuka Scratch yang intuitif. Tahap pengujian melibatkan partisipasi siswa SD untuk mengevaluasi fungsionalitas, kemudahan penggunaan, dan dampaknya terhadap pemahaman konsep serta minat belajar mereka. Siswa dibimbing untuk memahami antarmuka Scratch dan fungsi blok-blok kode esensial untuk kemudian mengaplikasikannya dalam membuat sebuah proyek game sederhana. Selain itu, hasil yang dicapai menunjukkan bahwa siswa mampu secara aktif berpartisipasi, menunjukkan kreativitas, dan berhasil menciptakan produk game sederhana yang fungsional. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap alur logika dan algoritma sederhana. Dengan demikian, penggunaan Scratch sebagai alat ajar dalam pembuatan mini game adalah pendekatan yang berhasil untuk membuat pembelajaran pemrograman menjadi mudah diakses, menarik, dan bermakna bagi anak usia dini.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scratch, Logika Pemrograman, Sekolah Dasar, Project-Based Learning, Mini Game, Teknologi Pendidikan. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Informatika |
Depositing User: | Benjamin Nickel Siswoyo |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:00 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/11849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |