(KP) KEGIATAN PEMASARAN AFILIASI MENGGUNAKAN KEY OPINION LEADER NN INFLUENCER PADA SHOPEE INDONESIA

Noviani, Ade (2021) (KP) KEGIATAN PEMASARAN AFILIASI MENGGUNAKAN KEY OPINION LEADER NN INFLUENCER PADA SHOPEE INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (98kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan Kerja Profesi di PT Shopee International Indonesia atau sering kali disebut Shopee Indonesia, praktikan bekerja di dalam departemen Marketing unit Affiliate Marketing. Praktikan bekerja di bawah pengawasan dan bimbingan junior associate Affiliate Marketing. Praktikan dapat secara langsung terlibat dalam kegiatan pemasaran afiliasi dari perusahaan Shopee Indonesia. Praktikan melakukan berbagai macam kegiatan pekerjaan seperti kegiatan melakukan peninjauan media sosial calon Key Opinion Leader (KOL) Non Influencer, evaluasi program, dan menganalisis Engagement Rate postingan kampanye. Pemasaran afiliasi yang dilakukan Shopee Indonesia adalah menggunakan afiliasi dari KOL yang tergolong ke dalam dua kategori yaitu KOL Non Influencer dan KOL Influencer. Kegiatan pemasaran afiliasi merupakan salah satu strategi komunikasi perusahaan untuk meningkatkan objective perusahaan. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk menyeleksi siapa saja yang berhak menjadi afiliasi dalam program Shopee Affiliate dan tidak. Selama melakukan kegiatan Kerja Profesi praktikan terlibat ke dalam kegiatan melakukan peninjauan media sosial para calon KOL Non Influencer yang mendaftar program Shopee Affiliate. Dalam sehari, praktikan melakukan peninjauan akun dari mulai 600±800 akun media sosial calon KOL Non Influencer. Selain itu, praktikan juga turut terlibat dalam melakukan evaluasi program Shopee Affiliate dan menghitung engagement rate dari postingan kampanye para KOL.Selama tiga bulan melakukan Kerja Profesi, praktikan dapat mempelajari kegiatan pemasaran afiliasi yang terdapat pada perusahaan e-commerce multinasional. Kemudian, praktikan juga mendapatkan pengetahuan terkait dengan strategi komunikasi yang perlu dilakukan untuk mempertahankan suatu program serta mencapai objective perusahaan. Serta pentingnya melakukan pemilihan KOL, evaluasi program, dan engagement rate performa para KOL ketika menjalankan suatu program.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Afiliasi, Key Opinion Leader, Non Influencer
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Alifia Putri Agdhiny
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:18
Last Modified: 27 Jan 2022 07:18
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item