Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Program Studi menggunakan Metode VARK dan Backward Chaining

Nasucha, Mohammad Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Program Studi menggunakan Metode VARK dan Backward Chaining. PHILANTHROPY: Journal of Psychology. ISSN 2580-8532

[img] Text
2021_Journ_Philanthropy_Sist_Pend_Kep_SFJ_MN_SINTA4.pdf

Download (826kB)

Abstract

Memilih program studi adalah keputusan awal yang diambil oleh calon mahasiswa ketika memutuskan untuk melanjutkan studi di jenjang perguruan tinggi. Sebelum memilih, calon mahasiswa diharapkan dapat memahami dengan baik apa yang menjadi minat serta bakat yang dimiliki. Kesalahan dalam menentukan pilihan tentunya berdampak pada keberlangsungan masa studi. Kurangnya minat atau bakat pada program studi yang dipilih akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Tidak jarang kita jumpai banyak mahasiswa yang memutuskan untuk pindah program studi atau bahkan putus studi hanya disebabkan oleh hal tersebut. Permasalahan dan kesalahan seperti ini cukup sering terjadi di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini coba dilakukan pendekatan terhadap gaya belajar (VARK) yang dimiliki sebagai dasar untuk menarik sebuah kesimpulan yang mendekati minat serta bakat calon mahasiswa dalam menentukan pilihan program studi yang sesuai. Kesimpulan yang diperoleh akan ditelusuri kembali dengan mencari sekumpulan hipotesis-hipotesis menuju fakta-fakta yang mendukung hipotesis tersebut (Backward Chaining). Berdasarkan uji komputasi yang dilakukan dengan menggunakan kedua metode tersebut diperoleh hasil bahwa pendekatan analisis dapat dilakukan dalam memberikan rekomendasi pilihan program studi yang sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa. Kata kunci: pilihan program studi, gaya belajar, rekomendasi

Item Type: Artikel
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Informatika
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 17 May 2022 06:27
Last Modified: 17 May 2022 06:27
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item View Item