Aldry, Setiawan (2016) Peranan Sketsa dan Software di Tahap Awal Perancangan Terhadap Hasil Karya Arsitektur. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. aldry cover.pdf Download (107kB) |
|
Text
5. aldry abstrak.pdf Download (94kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi pada bidang arsitektur yang mempengaruhi penggunaan metode dalam tahap perancangan. Sketsa dan software merupakan metode yang digunakan untuk tahap perancangan sebagai perwakilan dari dua generasi berbeda dalam arsitektur. Perbedaan metode tersebut akan mempengaruhi hasil karya arsitektur yang didasari oleh kemampuan setiap penggunanya dalam mengomunikasikan ide yang ada. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sketsa dan software dalam tahap awal perancangan, sehingga penulia memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan studi banding terhadap dua hasil karya arsitektur yang mewakili metode sketsa dan software, yaitu Guggenheim Museum Bilbao dan Centre Pompidou-Metz. Berdasarkan studi banding pada tahap awal perancangan yang dilakukan, maka akan menghasilkan tahap peralihan yang tepat dalam penggunaan metode sketsa dan software. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi untuk penggunaan dan peralihan metode yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh perancang
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknologi dan Desain > Arsitektur |
Depositing User: | Mrs Cindy Ariesta |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 01:31 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 01:31 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |