Peranan Sketsa dan Software di Tahap Awal Perancangan Terhadap Hasil Karya Arsitektur

Aldry, Setiawan (2016) Peranan Sketsa dan Software di Tahap Awal Perancangan Terhadap Hasil Karya Arsitektur. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. aldry cover.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5. aldry abstrak.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi pada bidang arsitektur yang mempengaruhi penggunaan metode dalam tahap perancangan. Sketsa dan software merupakan metode yang digunakan untuk tahap perancangan sebagai perwakilan dari dua generasi berbeda dalam arsitektur. Perbedaan metode tersebut akan mempengaruhi hasil karya arsitektur yang didasari oleh kemampuan setiap penggunanya dalam mengomunikasikan ide yang ada. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sketsa dan software dalam tahap awal perancangan, sehingga penulia memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan studi banding terhadap dua hasil karya arsitektur yang mewakili metode sketsa dan software, yaitu Guggenheim Museum Bilbao dan Centre Pompidou-Metz. Berdasarkan studi banding pada tahap awal perancangan yang dilakukan, maka akan menghasilkan tahap peralihan yang tepat dalam penggunaan metode sketsa dan software. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendasi untuk penggunaan dan peralihan metode yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh perancang

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Arsitektur
Depositing User: Mrs Cindy Ariesta
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:31
Last Modified: 12 Oct 2020 01:31
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item