Penggambaran Humor Digital Covid-19 di Instagram Selama Masa Pandemi (Analisis Isi Kualitatif Meme dengan #Memecovid19 Periode Maret 2020 – Desember 2021)

Salim, Prisca Octaviani Gunawan (2022) Penggambaran Humor Digital Covid-19 di Instagram Selama Masa Pandemi (Analisis Isi Kualitatif Meme dengan #Memecovid19 Periode Maret 2020 – Desember 2021). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (176kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (154kB)
[img] Text
5. Daftar Gambar.pdf

Download (104kB)
[img] Text
6. Daftar Tabel.pdf

Download (101kB)
[img] Text
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (97kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mengkonsumsi humor di tengah pandemi saat ini menjadi sebuah kebutuhan khusus guna memberikan hiburan. Pasalnya pandemi yang seakan tiada ujung serta mobilitas yang rendah, memberikan dampak pandemic fatigue (kelelahan pandemi) bagi masyarakat global. Hadirnya tagar #memecovid19 sebagai humor digital, mempermudah masyarakat untuk merasa terhibur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggambaran humor digital terkait Covid-19 dalam bentuk meme pada tagar #memCovid-19 di Instagram periode Maret 2020 – Desember 2021 menggunakan metode analisis (content analysis). Penggambaran ini ditinjau berdasarkan tema, fungsi, bentuk, dan tanggapan audiens terhadap meme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lembar koding diuji dengan rumus Holsti dengan hasil reliable > 0,88 = 88%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggambaran humor digital dalam tagar #memecovid19 cenderung menggunakan tema penyakit melalui fungsi hiburan sebagai tujuan pesan disampaikan. Ilustrasi meme juga cenderung digambarkan melalui bentuk gambar. Dengan hasil tanggapan cenderung positif, audiens menyatakan merasa terhibur akan meme terkait Covid-19. Sedangkan tema ekonomi menjadi yang paling jarang digunakan oleh kreator. Uniknya, tema politik spesifik menggunakan fungsi sindiran dan menjadi satu – satunya yang mendapatkan tanggapan negatif dari audiens. Mayoritas audiens ikut mencaci, menyindir, dan mengungkapkan kata kasar melalui kolom komentar. Kata kunci: Humor Digital, Pandemi Covid-19, Meme, Instagram

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Humor Digital, Pandemi Covid-19, Meme, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Prisca Octaviani Gunawan Salim
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:50
Last Modified: 13 Jul 2022 04:50
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item