Pengaruh Social Comparison Terhadap Online Deception Behavior pada Emerging Adulthood Pengguna Instagram

Azizah, Siti Annisa Nur (2022) Pengaruh Social Comparison Terhadap Online Deception Behavior pada Emerging Adulthood Pengguna Instagram. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (579kB)
[img] Text
ABTRACT.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social comparison memiliki pengaruh terhadap online deception behavior pada emerging adulthood pengguna Instagram. Data untuk penelitian ini dihasilkan dari skala yang disebarkan kepada 567 pengguna Instagram yang memiliki akun Instagram lebih satu dengan rentang usia 18-25 tahun yang berdomisili Jabodetabek. Skala yang digunakan untuk mengukur social comparison adalah Iowa-Netherlands Comparison Orientation Measure (INCOM) yang dikembangkan oleh Buunk and Gibbons dan telah diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia oleh Moningka dan Permatasari (2020). Penelitian ini juga menggunakan skala milik Moningka dan Selviana (2021) yaitu Deception Behavior in Social Media untuk mengukur variabel online deception behavior yang dilakukan oleh emerging adulthood pengguna Instagram. Penelitian ini juga melakukan analisis regresi logostik dan ditemukan bahwa social comparison memiliki pengaruh yang signifikan dengan arah yang positif terhadap online deception behavior yang dilakukan oleh emerging adulthood pengguna Instagram. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi seseorang melakukan social comparison, maka semakin tinggi online deception behavior yang mereka lakukan pada akun Instagram yang dimilikinya.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan sosial, Perilaku menipu, Pengguna Instagram
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Mrs Siti Annisa Nur Azizah
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:20
Last Modified: 14 Jul 2022 01:20
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item