PERSONAL BRANDING RADITYA DIKA DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Almira, Felicia Marsiano (2018) PERSONAL BRANDING RADITYA DIKA DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
(a) Halaman Judul Skripsi.pdf

Download (50kB)
[img] Text
(e) Abstrak.pdf

Download (259kB)

Abstract

Fenomena YouTube di Indonesia semakin berkembang baik dari sisi penonton maupun penghasil konten. Hal tersebut dibuktikan dari adanya peningkatkan sebesar 155% pada durasi menonton YouTube dan peningkatan sebesar 278% pada seluruh konten yang diunggah dalam YouTube. YouTube kini juga telah menjadi sebuah karir atau profesi bagi seseorang. Seperti Raditya Dika yang telah menjadikan YouTube sebagai sebuah profesi hingga menjadikannya sebagai YouTuber nomor satu di Indonesia dengan penghasilan yang besar. Meskipun seorang YouTuber telah memiliki penghasilan yang besar, seorang YouTuber juga membutuhkan personal branding untuk menunjang kesuksesannya. Sehingga hal tersebut menarik untuk dikaji dan diteliti terkait dengan personal branding Raditya Dika dalam media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian fenomenologis, dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumen kualitatif, dan materi audio visual. Kemudian untuk menguji validitas dan reliabilitas penelitian ini menggunakan metode triangulasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa Raditya Dika dalam membuat konten-konten video cenderung tidak mengikuti tren yang berlangsung, Raditya Dika ingin hal tersebut dapat menjadi pembeda dirinya dengan YouTuber lainnya. Dapat diketahui juga bahwa Raditya Dika tidak menerapkan personal brand pada kehidupan pribadinya. Hal tersebut ditunjukkan dari sikap Raditya Dika yang cenderung serius dan pendiam saat berada di kehidupan pribadinya sendiri. Kata Kunci : Media Sosial, YouTube, branding, personal branding, Raditya Dika

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Rafiq Ahmad
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:33
Last Modified: 12 Oct 2020 01:33
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item