PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ASIAN GAMES 2018 SEBAGAI SARANA MEMBANGUN NATION BRANDING

Ayu, Septiana Wardhany (2019) PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU ASIAN GAMES 2018 SEBAGAI SARANA MEMBANGUN NATION BRANDING. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
e) Abstrak.pdf

Download (692kB)
[img] Text
a) Halaman Judul Skripsi.pdf

Download (537kB)

Abstract

Negara Indonesia selain bertindak sebagai sebuah sistem pemerintahan juga bertindak sebagai sebuah brand yang membuatnya perlu melakukan upaya nation branding. Sport mega event merupakan salah satu cara untuk membangun nation branding. Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dengan menyelenggarakan sport mega event tersebut, Indonesia mendapatkan keuntungan berupa publisitas global yang dapat dimanfaatkan untuk membangun nation branding. Kesuksesan Indonesia menyelenggarakan Asian Games 2018 telah memberikan dampak positif bagi nation branding Indonesia. Dalam penyelenggaraan sport mega event, komunikasi pemasaran terpadu menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilannya. Kesuksesan Indonesia memanfaatkan momen Asian Games 2018 untuk membangun nation branding menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian mengenai perencanaan komunikasi pemasaran terpadu Asian Games 2018 sebagai sarana membangun nation branding dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Indonesia menerapkan enam langkah dalam perencanaan komunikasi pemasaran terpadu Zero Based Planning. Saat melakukan promosi yang didasarkan pada perencanaan tersebut, INASGOC juga menerapkan langkah identification dan communication as implementation dalam membangun nation branding Indonesia. INASGOC juga mengkomunikasikan nilai-nilai yang dimiliki Indonesia melalui tiga komponen yang ada dalam Nation Brand Hexagon, yaitu tourism, culture and heritage, dan people. Kata kunci: Asian Games, INASGOC, Promosi, Nation Branding, Indonesia

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Rafiq Ahmad
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:34
Last Modified: 12 Oct 2020 01:34
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item