Citra, Paramita (2016) PEMAKNAAN VIDEO TUTORIAL DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (STUDI KASUS TERHADAP VIDEO TUTORIAL “MAKE UP FOR SCHOOL” NANDA ARSYINTA). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1.Halaman Judul Skripsi.pdf Download (144kB) |
|
Text
5.Abstrak.pdf Download (263kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk melihat realitas yang tersembunyi di dalam video tutorial “Make Up For School” oleh Nanda Arsyinta di media sosial Youtube melalui pemaknaan para audiensnya. Makna dalam hal ini melihat apakah para audiens aktif dalam menafsirkan informasi yang disampaikan Nanda Arsyinta dalam video tutorial “Make Up For School” melalui media sosial Youtube. Penelitian ini mengacu pada teori resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall, yang berfokus pada pengalaman subjektif sebagai penonton yang aktif. Mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Stuart Hall, penelitian ini mengacu pada tiga posisi di mana penonton dibagi menjadi tiga posisi makna yaitu, dominan-hegemonis, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam (indepth interview) sebagai metode pengumpulan data primer. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, dengan berdasarkan pengetahuan informan, yang dalam hal ini berperan sebagai audiens video tutorial "Make Up For School" oleh Nanda Arsyinta di media sosial Youtube itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada makna berbeda-beda karena berbagai faktor, yang merupakan faktor pengalaman dan pengetahuan dari informan, latar belakang keluarga, dan sebagainya. Kata Kunci : Teori Resepsi Audiens Stuart Hall, video tutorial “Make Up For School”, media sosial Youtube.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Cindy Ariesta |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 01:34 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 01:34 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/334 |
Actions (login required)
View Item |