Pengembangan Theory of Reasoned Action untuk Penelitian Online Shopping Intention: Sebuah Kerangka Teoritis

Susanto, Daniel Augusta and Purwanto, Edi (2019) Pengembangan Theory of Reasoned Action untuk Penelitian Online Shopping Intention: Sebuah Kerangka Teoritis. Yayasan Pendidikan Philadelphia, Jakarta, pp. 1-30. ISBN 978-602-73171-6-1

[img] Text
55. Prosiding - PENGEMBANGAN THEORY OF REASONED ACTION UNTUK PENELITIAN ONLINE SHOPPING.pdf

Download (3MB)

Abstract

Theory of Reasoned Action (TRA) merupakan teori bidang kajian psikologi sosial yang diusulkan oleh Sheppard et al (1988). Dalam kajian psikologi sosial TRA memusatkan pada faktor penentu perilaku dan faktor determinannya, yaitu sikap terhadap perilaku (attitude toward behavior) dan norma subyektif (subjective norm). Dua faktor ini, sikap terhadap perilaku dan norma subyektif, sebenarnya diambil dari teori Fishbein dan Ajzen (1975). TRA sendiri sebenarnya sudah dikembangkan di sejak tahun 1960 oleh Fishbein, dan terus dikembangkan lagi oleh Fishbein dan Azjen hingga tahun 1980. Teori tersebut menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku manusia dan menjelaskan hubungan antara keyakinan, sikap, norma subjektif, niat dan perilaku individu. Kemudian Davis et al (1989) menerapkan TRA untuk mengkaji faktor yang menjelaskan alasan orang menerima atau menolak untuk menggunakan komputer pada waktu itu.

Item Type: Buku
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:31
Last Modified: 25 Oct 2022 07:34
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item