STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT. POS INDONESIA FATMAWATI JAKARTA SELATAN

Yusuf, Abdi Nugroho (2017) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT. POS INDONESIA FATMAWATI JAKARTA SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
Abstrak .pdf

Download (151kB)
[img] Text
Halaman Judul Skripsi.pdf

Download (51kB)

Abstract

Lahirnya PT. Pos Indonesia yaitu perusahaan pengiriman logistik pertama Indonesia yang bertugas membantu masyarakat dalam berkomunikasi khususnya komunikasi jarak jauh. Mereka yang datang ke kantor biasanya untuk melakukan pengiriman surat, paket barang dan uang. Sampai ahirnya PT. Pos Indonesia menjadi merek yang terkenal dan mendominasi di tanah air. Sampai awal tahun 2000an masih banyak yang menggunakan jasa dari PT.Pos Indonesia sampai akhirnya munculah handphone yang memperburuk keberlangsungan dari perusahaan ini. Selain dari kemunculan teknologi juga hadir yaitu kompetitor karena melihat peluang dalam sektor logistik karena juga mulai munculnya e-commerce yang membuat bisnis di sektor ini semakin besar dan mulai muncul merek seperti JNE, TiKi dan lain-lain. Hadirnya kompetitor semakin menurunkan popularitas PT. Pos Indonesia dan seiring waktu konsumen pun mulai menurun karena persaingan bisnis yang ketat. Tetapi dengan strategi yang baik ternyata masih ada konsumen yang bertahan menggunakan jasa PT. Pos Indonesia. Peneliti menggunakan teori Customer Relationship Management (CRM) yaitu menjalin hubungan yang baik pada konsumen dengan metode penelitian kualitatif dan paradigma kontuktivis melalui wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi CRM sangat berpengaruh pada konsumen, konsumen akan merasa senang jika mendapatkan layanan yang baik dan diperhatikan serta perusahaan tidak mengabaikan hak dari konsumen. Selain itu faktor kualitas produk, harga dan pelayanan juga mempengaruhi dari strategi CRM supaya konsumen mau untuk bertahan pada PT. Pos Indonesia. Kata kunci: Customer Relationship Management, Jasa Pengiriman Logistik, Konsumen

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Cindy Ariesta
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:35
Last Modified: 12 Oct 2020 01:35
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item