PARASOCIAL INTERACTION ANGGOTA FANS BTS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Fitria, Marta Kurniawan (2017) PARASOCIAL INTERACTION ANGGOTA FANS BTS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
a) halaman judul skripsi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
e) abstrak .pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama dalam media sosial. Secara tidak langsung media sosial memberikan peluang bagi para artis luar negeri untuk menyebarkan produk-produk budaya mereka. Salah satunya dengan menjamurnya fenomena K-pop di Indonesia. Bangtan Sonyeondan atau BTS adalah salah satu boyband Korea yang sedang naik daun di Indonesia. Para fans k-pop yang domisilinya berbeda dengan idolanya dapat mengkonsumsi segala informasi mengenai idolanya kapan saja dimana saja dengan cepat. Sehingga hal ini menumbuhkan rasa kedekatan yang dirasakan oleh penggemar BTS yang berujung pada interaksi satu pihak atau hubungan semu. Dalam artian, para penggemar BTS merasa adanya kedekatan secara personal dengan member BTS. Namun dari pihak BTS, mereka tidak merasakan adanya kedekatan secara personal dengan para penggemarnya. Fenomena parasocial interaction merupakan suatu masalah yang ditandai adanya hubungan satu arah, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif maka ditemukan bahwa parasocial interaction yang terjadi lebih ke arah menggunakan media sosial untuk menjalin interaksi semu yang dapat berdampak pada imajinasi sosok figur BTS dalam segala aktifitas fans di dunia nyata. Selain itu, fans BTS di Indonesia sudah melewati tiga proses parasocial interaction dan sudah berada pada proses terakhir yaitu proses behavioral yang ditandai dengan penggemar dapat seolah-olah bicara dengan figur di dalam media. Parasocial interaction ini di motivasi oleh karya lagu yang dihasilkan BTS, bentuk fisik BTS, role model pemenuhan kebutuhan penggemar, Parental. Kata kunci: Parasocial Interaction, media sosial, fans

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Rafiq Ahmad
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:36
Last Modified: 12 Oct 2020 01:36
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item