Kania, Triandra Thorianti Utami (2015) ANALISIS PENERAPAN EMOTIONAL APPEAL DALAM PROSES PRODUKSI IKLAN (STUDI KASUS: IKLAN TELEVISI CLEAN & CLEAR “SEE THE REAL ME”). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (59kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
Abstract
Perkembangan zaman saat ini menuntut para produsen untuk memenuhi tingkat konsumtif masyarakat yang terus meningkat. Salah satu langkah utamanya adalah dengan mengiklankan produknya sekreatif mungkin agar terus diingat di benak masyarakat. Maka dari itu para produsen menyerahkan kepada para penggiat iklan untuk mengemas produk mereka sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Karena pengemasan sebuah iklan dapat mempengaruhi persepsi masyarakat. Seperti contoh kasus Dove, produk tersebut memiliki peningkatan market share setelah mempublikasikan iklan yang di produksi tidak seperti iklan kecantikan biasanya yang lebih mengatakan fungsi dari produk dibanding sisi yang menyentuh hati masyarakat. Saat ini iklan di ranah internasional mengusung pendekatan emotional agar lebih menyentuh dan lebih diingat masyarakat seperti Dove. Seiring dengan perkembangan tersebut, industri periklanan Indonesia mulai mengikuti perkembangan tersebut dalam membuat iklan-iklan dengan menggunakan pendekatan emosi atau daya tarik iklan yang akrab disebut emotional appeal. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti bagaimana proses produksi iklan Clean & Clear “See The Real Me” dan bagaimana sebuah daya tarik emosional atau emotional appeal digunakan dalam proses produksi iklan televisi Clean & Clear “See The Real Me”. Iklan Clean & Clear “See The Real Me” ini sendiri merupakan iklan sebuah produk kecantikan remaja yang menggunakan pendekatan emosi atau daya tarik emosional (emotional appeal). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode wawancara mendalam dengan 3 (tiga) narasumber yaitu Rangga Immanuel, Shafiq Pontoh dan Putra Arradin. Dari hasil wawancara dengan ketiga narasumber tersebut dapat disimpulkan bahwa insight menjadi sebuah hal yang paling utama dalam menerapkan daya tarik baik dalam daya tarik emosi ataupun rasional dan dalam menjalankan proses produksi iklan karena insight tersebut lah yang menjadi bahan dasar acuan untuk mencapai tujuan iklan. Kata Kunci : Iklan, proses produksi iklan, daya tarik iklan.
Item Type: | Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mr Rafiq Ahmad |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 01:36 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 01:36 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/366 |
Actions (login required)
View Item |