PERSONAL BRANDING TEUKU WISNU MELALUI INSTAGRAM

Noni, Anisah Ramadhani (2015) PERSONAL BRANDING TEUKU WISNU MELALUI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (56kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (84kB)

Abstract

Perkembangan internet dan media baru memicu pertumbuhan produk yang dihasilkannya, salah satunya adalah media sosial. Salah satu produk media sosial adalah jejaring sosial Instagram. Berdasarkan informasi, Instagram mampu mengalahkan Twitter, Facebook, dan juga Pinterest dalam menarik penggunanya. Perkembangan media sosial ini juga dimanfaatkan beberapa artis dalam membangun personal branding. Untuk mengetahui bagaimana membangun personal branding melalui media sosial khususnya jejaring sosial Instagram, maka dilakukan penelitian ini. Selain itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dari kegiatan-kegiatan pengunggahan foto dan video di Instagram tersebut. Dalam penelitian ini peneliti memilih akun Instagram Teuku Wisnu sebagai objek penelitian karena, pengunggahan foto dan video yang dilakuak Teuku Wisnu cukup banyak menarik perhatian masyarakat khususnya bagi kaum muslim dan muslimah di Indonesia. Perubahan image menjadi sosok Islami yang dilakukan Wisnu pada akun Instagramnya juga menjadi salah satu alasan peneliti memilih Wisnu sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori-teori komunikasi sebagai acuan dalam melakukan pelitian. Ada pun teori utama yang digunakan peneliti adalah teori personal branding. Selain teori personal branding, peneliti juga menggunakan teori persepsi dan pembentukan citra. Dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan teori media baru dan media sosial Instagram. Pengumpulan data dilakukan dengan metodologi kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara melakukan wawancara kepada tujuh narasumber yang disertai observasi serta literatur. Wawancara ini dilakukan kepada satu narasumber utama yaitu Teuku Wisnu, disertai wawancara dengan Shireen Sungkar untuk melengkapi data tambahan dalam proses pengunggahan yang dilakukan Teuku Wisnu, empat orang followers Instagram Teuku Wisnu, serta satu orang pakar personal branding Erwin Parengkuan yang kemudian dilakukan uji validitas dan reabilitas. Yang kemudian dilakukan analisis oleh peneliti. Dari hasil penelitian dapat dilihat bagaimana proses membangun personal branding di media sosial Instagram. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa intensitas dan konsistensi dalam pengunggahan foto dan video di Instagram mempengaruhi kesuksesan dalam membangun personal branding. Kata kunci : Personal Branding, Media Sosial, Instagram

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Rafiq Ahmad
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:36
Last Modified: 12 Oct 2020 01:36
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item View Item