Gambaran Stres dan Coping pada Guru Sekolah di Jakarta Selatan

Arruneysha, Areuneysha (2019) Gambaran Stres dan Coping pada Guru Sekolah di Jakarta Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (231kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (218kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu profesi dengan tingkat stres kerja yang paling tinggi. Guru mempunyai tanggung jawab yang berat dalam mendidik murid. Guru yang dihadapkan pada keadaan dimana beban tanggung jawab yang diterima terasa berat, memicu timbulnya stres kerja pada guru. Untuk itu, guru diharapkan mampu menghadapi dan mengatasi stres yang dialami dengan menggunakan strategi coping. Coping memiliki dua fungsi, yang pertama coping yang dilakukan individu untuk mengatasi masalah atau sumber stres yang ada (problem-focused coping). Kedua, coping yang dilakukan individu untuk mengontrol respon emosional mereka dalam menghadapi suatu masalah atau situasi stress (emotional-focused coping). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat dalam memahami stres kerja pada guru serta strategi coping bagi pihak sekolah. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan metode statistik deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 302 guru SD, SMP dan SMA baik swasta maupun negeri di Jakarta Selatan. Kesimpulan dari penelitian ini, guru paling banyak mengalami tingkat stres sedang sebanyak 184 guru (61%). Tetapi terdapat juga guru yang mengalami stres tinggi (10%), yaitu guru yang mengajar di SD dan SMA Negeri sebesar 12 orang (masing-masing 2%), guru berjenis kelamin perempuan sebesar 18 orang (6%), guru yang mengajar selama diatas 20 tahun sebanyak 16 orang (5,3%), dan guru yang berusia dibawah 31 tahun dan 31-40 tahun masing-masing sebesar 12 orang (4,1%). Saran pada penelitian ini bagi sekolah adalah sekolah harus sadar tentang beban kerja dan stres yang terjadi pada guru, sehingga sekolah dapat membantu mengenalkan keterampilan manajemen stres kerja atau coping. Saran bagi para guru adalah guru diharapkan dapat terus mengelola stres dengan baik dalam menghadapi setiap tantangan dan permasalahan yang dapat menimbulkan stres, dan disarankan menggunakan coping dengan cara yang baik dan benar sehingga dapat mengurangi stres tersebut. Kata kunci: Stres, Coping, Guru

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Psikologi
Depositing User: Mrs Talitha E. Antyesti
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:37
Last Modified: 12 Oct 2020 01:37
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item View Item