STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN FANS ENGAGEMENT (STUDI KASUS: KLUB Satria Muda BritAma)

Maharani, Chyntia Dewi (2015) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMBANGUN FANS ENGAGEMENT (STUDI KASUS: KLUB Satria Muda BritAma). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
1. Halaman Judul - Maharani Chyntia Dewi.pdf

Download (59kB)
[img] Text
5. Abstrak - Maharani Chyntia Dewi.pdf

Download (178kB)

Abstract

Perkembangan industri olahraga basket kini semakin berkembang. Meningkatnya kualitas liga juga harus diiringi dengan pengelolaan klub-klub basket yang ada di dalamnya secara professional. Pengelolaan tim yang professional dapat dilihat melalui pengeloaan fans yang baik. SM BritAma merupakan salah satu klub basket Indonesia yang dikelola secara professional yang menjadikan media sosial sebagai sarana utama dalam menjangkau dan penggemar mereka dan membangun fans engagement. Media Relation and Community Development dari SM BritAma dengan menggunakan berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram sebagai sumber informasi bagi fans mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi penggunaan media sosial dilakukan oleh divisi Media Relation and Community Development klub basket SM BritAma dalam membangun Fans engagement. Objek dari penelitian ini adalah klub basket SM BritAma. Unit observasi dalam studi kasus ini adalah departemen Media Relation and Community Development dan media sosial yang digunakan yaitu twitter dan instagram. Unit analisis dari penelitian ini adalah strategi penggunaan media sosial dan konten media sosial dalam membangun Fans engagement. Penelitian ini menggunakan teori-teori komunikasi. Adapun teoriteori komunikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu, fans engagement, sports communication, dan computer mediated communication (CMC). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi literatur. Dari penelitian ditemukan bahwa dalam membentuk Fan engagement pada media sosial, SM BritAma menggunakan sebuah strategi khusus agar lebih mudah untuk menjangkau fans yaitu strategi yang berfokus pada audience, konten, dan terlibat dalam percakapan. Kata Kunci : Fans Engagement, Sports Communication, Media Sosial.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Cindy Ariesta
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:37
Last Modified: 12 Oct 2020 01:37
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item