MEMBANGUN KEPERCAYAAN PEMBELI MELALUI INSTAGRAM (STUDI KASUS TOKO ONLINE SUGARPOT)

Siti, Rhadina Yudhi Putri (2015) MEMBANGUN KEPERCAYAAN PEMBELI MELALUI INSTAGRAM (STUDI KASUS TOKO ONLINE SUGARPOT). Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
a) Halaman Judul Skripsi.pdf

Download (168kB)
[img] Text
e) Abstrak.pdf

Download (254kB)

Abstract

Saat ini internet telah menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat ditinggalkan. Beragam manfaat dapat diperoleh karena kehadiran internet termasuk kemudahan dalam berkomunikasi yang tidak lagi dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemajuan internet dan media sosial menyebabkan meningkatnya pembelian melalui online. Namun di balik tingginya antusias terhadap belanja online tidak sedikit orang yang enggan melakukan belanja online. Salah satu alasan yang membuat orang tidak mau melakukan belanja online adalah takut dengan penipuan. Tidak sedikit kasus penipuan yang terjadi pada toko online di Indonesia. Salah satu produk yang dijual melalui online adalah produk waxing yang diproduksi oleh Sugarpot. Banyaknya ketakutan akan penipuan toko online ini tidak menghalangi Sugarpot untuk mendapatkan semakin banyak pembeli hingga melakukan eksport keluar Indonesia melalui distributornya. Oleh karena itu, dilihat banyaknya penipuan online dan juga waxing bukanlah suatu kegiatan yang seringkali dilakukan sendiri di rumah oleh kebanyakan orang, penelitian ini ingin melihat cara membangun kepercayaan pembeli melalui akun Instagram untuk membangun citra toko online. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah computer mediated communication (CMC), social media marketing, kepercayaan (trust), dan juga citra toko online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian yang digunakan yaitu studi kasus (case study). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara kepada pemilik, reseller, dan juga pembeli serta observasi terhadap akun Instagram Sugarpot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangun kepercayaan, Sugarpot menerapkan tiga faktor yang mempengaruhi kepercayaan yaitu kemampuan, kebaikan hati, dan integritas. Kata kunci : Instagram, toko online, studi kasus, kepercayaan, kualitatif deskriptif

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Cindy Ariesta
Date Deposited: 12 Oct 2020 01:37
Last Modified: 12 Oct 2020 01:37
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item