Pengembangan Layanan Berbasis Chatbot Menggunakan Pendekatan Pengolahan Bahasa Natural pada Aplikasi Helpdesk Bank BRI

Putri, Triana Micku Kuswara (2022) Pengembangan Layanan Berbasis Chatbot Menggunakan Pendekatan Pengolahan Bahasa Natural pada Aplikasi Helpdesk Bank BRI. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (527kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (104kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi komunikasi sudah menjadi kebutuhan dasar manusia untuk mendapatkan sebuah informasi. Setiap perusahaan pasti selalu membutuhkan alat untuk dijadikan media komunikasi untuk dapat berkomunikasi dua arah yang dapat dijadikan sumber informasi untuk pengguna. Khususnya di PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk dapat berkoordinasi dengan sesama pekerja satu divisi ataupun berbeda seputar Human Capital Business Partner (HCBP) di PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI). Banyaknya jumlah kantor cabang pastinya mempunyai pertanyaan di setiap harinya yang membuat pekerja kantor cabang harus menghubungi penanggung jawab divisi HCBP. Dengan itu, peneliti mengusulkan adanya pengembangan sistem sebelumnya yang masih dilakukan secara manual akan menjadi sistem Chatbot diharapkan PT. BRI terbantu dalam memberikan solusi kepada setiap kantor cabang serta menggunakan algoritma Natural Language Processing (NLP) yang dapat mengenal atau memahami kata/kalimat yang diinputkan oleh pekerja. Pengembangan sistem ini pun dilakukan menggunakan metode Prototype supaya dapat terlaksana secara bertahap hingga siap untuk digunakan.

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Natural Language Processing, Kecerdasan Buatan, Prototype, Chatbot, Black-box
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Informatika
Depositing User: Triana Micku Kuswara Putri
Date Deposited: 09 Jan 2023 05:43
Last Modified: 09 Jan 2023 05:43
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4088

Actions (login required)

View Item View Item