Citraningtyas, Clara Evi (2022) Sastra Anak dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Menegosiasikan Identitas Nasional Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. pp. 1-8.
Text
Artikel Sastra Anak Dalam Kurikulum Sekolah Dasar.pdf - Published Version Download (572kB) |
|
Text
Turnitin Sastra Anak dalam Kurikulum Sekolah Dasar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dipilihnya suatu cerita untuk dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah, mencerminkan sebuah restu yang diberikan bagi cerita tersebut, untuk bisa mewakili menegosiasikan sebuah identitas bangsa kepada anak bangsa. Sebuah cerita, terutama cerita yang dipilih untuk kurikulum sekolah, tidak pernah murni merupakan penceritaan kembali dari cerita aslinya. Cerita versi buku sekolah adalah subjek dari metanaratif pada kurun waktu tertentu, rezim, dan kekuasaan tertentu yang telah disesuaikan isinya untuk menyuarakan ideologi bangsa. Makalah ini membahas cerita naratif yang terpilih untuk dimasukkan ke dalam buku pegangan Sekolah Dasar di Indonesia. Nilai-nilai bangsa apa yang dinegosiasikan lewat cerita-cerita tersebut?
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peraturan Pemerintah tentang buku pelajaran, buku pelajaran Bahasa Indonesia, cerita anak, identitas nasional. |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:56 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4478 |
Actions (login required)
View Item |