Penerapan Metode Peta Pikiran untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola diri Sendiri, Berbicara dan Kreativitas Siswa Tk-B di Sekolah XYZ

Ustami, Dwi and Citraningtyas, Clara Evi (2022) Penerapan Metode Peta Pikiran untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola diri Sendiri, Berbicara dan Kreativitas Siswa Tk-B di Sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 08 (03).

[img] Text
Cover daftar isi artikel Penerapan Metode Peta Pikir.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text
Turnitin Penerapan Metode Peta Pikir.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak usia dini berada pada masa peka dan terjadi perkembangan pesat di berbagai aspek anak. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada jenjang TK menjadi tantangan untuk guru, orangtua, siswa, dan pihak sekolah dan pemberian stimulus menjadi kurang maksimal selama PJJ. Hal ini mengakibatkan keterampilan siswa sulit mencapai target yang terdapat dalam STPPA. Keterampilan yang belum maksimal adalah keterampilan dalam mengelola diri sendiri, berbicara, dan kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan mengelola diri, berbicara, dan kreativitas siswa TK-B. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sampai tiga siklus. Hingga siklus ke tiga, siswa yang mencapai kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) pada keterampilan mengelola diri sendiri 100%, keterampilan berbicara 95%, dan kreativitas 95%. Berdasarkan capaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan keterampilan mengelola diri sendiri, keterampilan berbicara, dan kreativitas siswa TK-B di sekolah XYZ.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Peta pikiran, Mengelola diri sendiri, Berbicara, Kreativitas
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:02
Last Modified: 22 Feb 2023 03:02
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4486

Actions (login required)

View Item View Item