Leonardi, Ivenna and Citraningtyas, Clara Evi (2021) Pengembangan Modul Persiapan Language B Diploma Programme dalam Menulis Teks Pribadi dengan Bahasa yang Baik dan Benar [The Development of Language B Diploma Programme Preparation in Writing Personal Texts in Correct and Proper Language Module]. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17 (02). pp. 285-305. ISSN 2549-1466
Text
Artikel Pengembangan Modul Persiapan Language B.pdf - Published Version Download (431kB) |
|
Text
Cover Daftar Isi Article Pengembangan Modul.pdf Download (805kB) |
|
Text
Turnitin Pengembangan Modul Pembelajaran Language B.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menunjukkan bahwa penggunaan modul dapat membantu siswa kelas X dalam memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar serta jenis-jenis teks pribadi. Hal ini tentunya dapat membantu siswa kelas X dalam mepersiapkan diri mereka sebelum mengambil mata pelajaran Bahasa Indonesia Language B pada jenjang Diploma nantinya. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan bentuk sederhana dari teori yang dikemukakan oleh Dick & Carey. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan instrument berbentuk angket yang diisi oleh ahli/pakar, praktisi, dan siswa siswa kelas X yang mengikuti mata pelajaran Bahasa Indonesia Language B. Modul dikatakan layak apabila memiliki nilai rata-rata ≥ 3,7. Data yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata akhir sebesar 3,7 dan 4,2. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami bahasa Indonesia yang baik dan benar serta jenis-jenis teks.
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, penelitian dan pengembangan, International Baccalaureate, bahasa Indonesia, teks pribadi |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:12 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4487 |
Actions (login required)
View Item |