Sang Pelintas Batas

Efraim, Otniel (2009) Sang Pelintas Batas. Kompas.

[img] Text
OTNIEL EFRAIM.pdf

Download (438kB)

Abstract

Menurut Vygotsky, pertumubuhan si anak bisa berkembang apabila orang dewasa ikut terlibat. Bisa diartikan bahwa djohan yang sebelumnya masih berdaptasi dengan lingkungan politik tetapi belum ada pemahaman pengajaran politik hanya sebatas pengelihatan sekitar saja hingga bisa memahami hal yang masih abu-abu menurutnya berkat guru bahasa arabnya. Ini merupakan konsep utama teori Vygotsky yaitu guru adalah pembimbing dalam pembelajaran anak Djohan di masa remaja tidak seperti remaja lainnya dia lebih senang membaca buku Koran majalah untuk menambah pengetahuan, itu dikarenakan djohan sering datang kerumah pamannya yang gemar membaca buku juga. Dengan begitu djohan memiliki konteks sosial yang kuat dikarenakan komunitas memainkan peran sentral dalam proses "memberi makna". Beruntung djohan mempunyai keluaraga yang moderat dan senang membaca, menurut djohan, karena pengaruh keluarga dan bacaan masa kecilnya itulah djohan bisa membuat keputusan yang sangat sulit. Dalam konsep teori Vygotsky mengatakan bahwa kecerdasan dapat berkembang melalui interaksi dengan orang lain, djohan yang pandangan politik mulai berkembang mulai berbincang dengan sahabat-sahabatnya melalui surat-menyurat dengan membahas mengenai agama dan politik yang membuat djohan semakin memahami atau berkembang pengetahuannya.

Item Type: Resensi Buku
Additional Information: 9786029556612
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Sistem Informasi
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:04
Last Modified: 20 Mar 2023 08:04
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item View Item