Mengkonstruksi Narasi Kebangsaan : Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila pada Cerita Anak Indonesia demi Pembangunan Karakter Manusia Indonesia yang Pancasilais

Citraningtyas, Clara Evi and Hananto, Hananto and Kurniawan, Paulus Heru (2018) Mengkonstruksi Narasi Kebangsaan : Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila pada Cerita Anak Indonesia demi Pembangunan Karakter Manusia Indonesia yang Pancasilais. Project Report. Universitas Pelita Harapan, Tangerang.

[img] Text
Laporan Akhir Hibah Dikti PTUPT 2018 .pdf - Published Version

Download (962kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang dipakai untuk mengembalikan rasa nasionalisme yang mulai terkikis, dan erosi ideologi kebangsaan diantara generasi muda Indonesia. Nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sudah semakin luntur. Hal ini sangat kentara terjadi di kalangan anak-anak dan remaja Indonesia. Ancaman akan lunturnya ideologi Pancasila ini tidak bisa dipandang sepele karena bisa berdampak serius terhadap kekokohan bangsa Indonesia. Oleh karena itu perlu ada revitalisasi nilai-nilai Pancasila, dan hal itu harus diakukan sejak dini, sejak anak-anak itu duduk di bangku SD. Cerita anak merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menyampaikan ajaran moral kepada anak-anak. Sejak lama, cerita anak digunakan untuk mengajarkan dan mewariskan nilai luhur, juga untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda. Sangat disayangkan bahwa dewasa ini cerita anak Indonesia yang bermuatan Pancasila hampir tidak bisa ditemukan di pasaran. Dengan mempertimbangkan fakta tersebut, penelitian ini hendak mengkonstruksi narasi kebangsaan erita anak Indonesia yang merevitalisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Penulisan cerita anak Indonesia bernilai Pancasila ini bertujuan untuk menanamkan dan menguatkan pendidikan karakter Pancasilais melalui narasi sejak dini, karena cerita anak adalah sebuah medium edutainment yang paling tepat dan efektif untuk mengajarkan banyak hal dengan cara menghibur. Narasi kebangsaan yang mengejawantahkan nilai-nilai Ekaprasetia Pancakarsa ini akan dilengkapi dengan situs web, yang akan menjadi pendukung pembelajaran bagi guru dalam melaksanakan pendidikan karakter yang Pancasilais bagi pembentukan karakter manusia Indonesia yang Pancasilais. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan tahap-tahap identifikasi masalah, desain produk, validasi desain, uji coba desain, dan produk massal. Kurun waktu yang direncanakan adalah tiga tahun dengan target luaran sebagai berikut: tahun pertama adalah buku cerita anak yang merevitalisasi nilai Pancasila yang menurut survey paling urgent bagi bangsa Indonesia. Cerita anak ini dilengkapi dengan situs web pendukung untuk kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Laporan Penelitian Dosen (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pancasila, pendidikan karakter, cerita anak.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Humaniora dan Bisnis > Prodi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:32
Last Modified: 28 Mar 2023 03:36
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4627

Actions (login required)

View Item View Item