Pengaruh Metode Dual-Coding Terhadap Long-Term Memory Mahasiswa The Effect of Dual-Coding Method On Long-Term Memory College Students

Rabbani, Intan Naqiya and Aditya, Nabila and Salsabila, Nazhifa and Isril, Thalia Lunaadhara and Farisandy, Ellyana Dwi (2023) Pengaruh Metode Dual-Coding Terhadap Long-Term Memory Mahasiswa The Effect of Dual-Coding Method On Long-Term Memory College Students. PSYCHE: JURNAL PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMPUNG, 05 (01). pp. 74-89. ISSN 2655-6936

[img] Text
1119-3705-1-PB.pdf

Download (481kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode dual-coding terhadap long-term memory mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen posttest-only control group design serta teknik analisis independent sample t-test. Partisipan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 32 mahasiswa (16 mahasiswa masuk ke kelompok kontrol dan 16 mahasiswa masuk ke kelompok eksperimen). LTM diukur dengan menampilkan sebuah tampilan kata konkret. Pada kelompok kontrol akan diperlihatkan tayangan yang hanya berisi kata-kata, sedangkan pada kelompok eksperimen akan diperlihatkan tayangan yang berisi gambar dan kata. Masing-masing kata akan ditampilkan selama 30 detik. Kemudian, dual-coding diukur dengan memperlihatkan dua jenis tayangan yang berbeda berupa 10 kata benda konkret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dengan t(30) = -1,212, p = 0,117 (p > 0,05), d = -0,429. Hasil tersebut juga mengartikan bahwa tidak adanya pengaruh metode dual-coding terhadap long-term memory mahasiswa dikarenakan beberapa hal.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: metode dual-coding, memori jangka panjang, mahasiswa
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:11
Last Modified: 31 Mar 2023 04:11
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4651

Actions (login required)

View Item View Item