Peran Literasi Keuangan dan Karakteristik Kepribadian Terhadap Keputusan Investasi Gen-Z di Provinsi DKI Jakarta dengan Persespi Risiko Sebagai Variabel Intervening

Tannady, Hendy and Damanik, Darwin and sy, Arniwita and Wiarta, Iqra and Nurdian, Tanti Widia and Ambarwati, Retnoning and Renwarin, Joseph M.J. and Suyoto, Yohanes Totok (2022) Peran Literasi Keuangan dan Karakteristik Kepribadian Terhadap Keputusan Investasi Gen-Z di Provinsi DKI Jakarta dengan Persespi Risiko Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Kewarganegaraan, 6 (3). pp. 8-25. ISSN 2723-2328

[img] Text
Peran Literasi Keuangan dan Karakteristik Kepribadian Terhadap.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh literasi keuangan dan karakteristik kepribadian terhadap persepsi risiko dan dampaknya pada keputusan investasi generasi Z di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner kepada responden. Kuesioner disebarkan melalui google form kepada 188 responden yang kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22.0. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kesimpulan dari hasil uji hipotesis (uji t) bahwa literasi keuangan, conscientiousness, dan neuroticism berpengaruh terhadap persepsi risiko Gen- Z di Jakarta. Openness, agreeableness, dan extraversion tidak berpenagruh terhadap persepsi risiko. Selanjutnya, literasi keuangan, openness to new experience, extraversion, dan persepsi risiko berpengaruh terhadap keputusan investasi Gen-Z di Jakarta. Sedangkan conscientiousness, agreeableness, dan neuroticism tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Personality Traits, Risk Perception, Investment Decision
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:50
Last Modified: 11 Apr 2023 07:50
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item