Rulanggi, Runi and Hastjarjo, Thomas Dicky (2016) Psikoedukasi IKESMEN untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Siswa pada Guru. JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY, 2 (1). pp. 47-59. ISSN 2407-7801
Text
Psikoedukasi “IKESMEN” Untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan.pdf Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak “Ikesmen” dalam meningkatkan literasi kesehatan mental pada guru SMPN Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap guru SMPN Yogyakarta (N=30) dengan metode eksperimen-kuasi. Desain penelitian menggunakan untreated control group design with pretest and posttest samples. Pengujian validitas menggunakan kaidah pengembangan modul Rusell (koefisien V sebesar 0,775-0,8461). Pengambilan data dengan menggunakan Kuisioner Literasi dan Stigma Kesehatan Mental serta tes pengetahuan kesehatan mental. Sampel penelitian ditentukan secara non-random dengan cara purposive sampling. Analisis data melalui anava (analisis varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor literasi kesehatan mental pada kelompok eksperimen atau pada kelompok kontrol (F = 0,188, p = 0,01< 0,668). Tidak ada peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diberikan Psikoedukasi Ikesmen dibandingkan dengan kelompok kontrol (F=0, 640, p = 0,01< 0,431).
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mental health literacy, psychoeducation, teachers |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Universitas Pembangunan Jaya |
Depositing User: | Alexandro Andika |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:18 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 01:18 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4790 |
Actions (login required)
View Item |