Psikoedukasi IKESMEN untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Siswa pada Guru

Rulanggi, Runi and Hastjarjo, Thomas Dicky (2016) Psikoedukasi IKESMEN untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Siswa pada Guru. JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY, 2 (1). pp. 47-59. ISSN 2407-7801

[img] Text
Psikoedukasi “IKESMEN” Untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak “Ikesmen” dalam meningkatkan literasi kesehatan mental pada guru SMPN Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap guru SMPN Yogyakarta (N=30) dengan metode eksperimen-kuasi. Desain penelitian menggunakan untreated control group design with pretest and posttest samples. Pengujian validitas menggunakan kaidah pengembangan modul Rusell (koefisien V sebesar 0,775-0,8461). Pengambilan data dengan menggunakan Kuisioner Literasi dan Stigma Kesehatan Mental serta tes pengetahuan kesehatan mental. Sampel penelitian ditentukan secara non-random dengan cara purposive sampling. Analisis data melalui anava (analisis varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan skor literasi kesehatan mental pada kelompok eksperimen atau pada kelompok kontrol (F = 0,188, p = 0,01< 0,668). Tidak ada peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen yang diberikan Psikoedukasi Ikesmen dibandingkan dengan kelompok kontrol (F=0, 640, p = 0,01< 0,431).

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: mental health literacy, psychoeducation, teachers
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:18
Last Modified: 14 Apr 2023 01:18
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item View Item