Dyanasari, Reni (2017) Diversifikasi Produk Digital untuk Pengembangan Pasar Tabloid Nova. Diversifikasi Produk Digital untuk Pengembangan Pasar Tabloid Nova, 4 (1). pp. 21-35. ISSN 2337-7313
Text
Diversifikasi Produk Digital Untuk Pengembangan Pasar Tabloid Nova.pdf Download (718kB) |
Abstract
Perusahaan media dapat melakukan pengembangan produk dengan menggunakan strategi marketing diversifikasi. Salah satu diversifikasi yang dilakukan media cetak dalam kasus ini Tabloid Nova adalah dengan membangun tabloidnova.com guna mengembangkan bisnisnya sesuai tuntutan pasar yang diiringi kemajuan teknologi. Hal tersebut penting diperhatikan mengingat tingkat pembaca tabloid mulai berkembang menjadi pembaca digital. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan peluang keberhasilan pengembangan pasar yang dilakukan Nova, digambarkan dengan menggunakan teori Ansoff Matrix dan Uses and Gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dengan paradigma konstruktivisme sosial, serta analisis data menggunakan konsep Huberman dan Miles guna menggambarkan data yang spesifik dari pembuat konten media dan pembaca. Data diperoleh dari narasumber internal dan eksternal Nova yaitu manajemen dan pembaca Nova. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi diversifikasi yang dilakukan Nova dengan membangun media baru tabloidnova.com dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut terlihat dengan terbentuknya target pasar baru yakni pembaca digital pada produk yang tidak ada sebelumnya. Angka visitor tabloidnova.com cenderung meningkat setiap bulannya dan mampu mendatangkan revenue bagi Nova
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diversifikasi, Marketing, Media Baru |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Universitas Pembangunan Jaya |
Depositing User: | Alexandro Andika |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 07:28 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 07:28 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4802 |
Actions (login required)
View Item |