Pengaruh Tampilan Visual Foto Produk Furnitur Melalui Situs Jejaring Sosial Instagram Terhadap Persepsi Konsumen

Kirana, Dini Cinda and Syarief, Achmad and Saphiranti, Dona (2018) Pengaruh Tampilan Visual Foto Produk Furnitur Melalui Situs Jejaring Sosial Instagram Terhadap Persepsi Konsumen. Pengaruh Tampilan Visual Foto Produk Furnitur Melalui Situs Jejaring Sosial Instagram Terhadap Persepsi Konsumen, 3 (2). pp. 37-49.

[img] Text
Pengaruh_Tampilan_Visual_Foto_Produk_Furnitur_Melalui_Situs_Jejaring_Sosial_Instagram_Terhadap_Persepsi_Konsumen.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada masa kini, perkembangan Instagram sebagai situs online sangat fenomenal, yang berakibat pada bergesernya fungsi semula sebagai media komunikasi sosial kemudian merambah menjadi media pemasaran. Produk furnitur yang semula harus didapatkan dengan cara membeli langsung ke toko, sekarang dapat dengan mudah dibeli secara online. Dalam penelitian ini akan dikaji seberapa besar pengaruh dan keefektifan tampilan visual dari foto produk furnitur melalui situs jejaring sosial Instagram terhadap persepsi konsumen, yang diukur dengan menggunakan model EPIC (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication). Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi keefektifan tampilan visual foto produk furnitur pada situs jejaring sosial Instagram terhadap persepsi konsumen, dan memetakan penggunaan tampilan visual foto produk furnitur yang ideal untuk upaya pemasaran produk secara online. Penelitian menggunakan metode komparatif analitis terhadap foto produk furnitur dari 6 akun pengusaha kecil ekonomi kreatif produk sejenis yang dipasarkan melalui situs jejaring sosial Instagram. Data penelitian ini terbatas dalam lingkup persepsi visual dari foto produk furnitur yang diunggah melalui situs jejaring sosial Instagram terhadap persepsi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan visual dalam bentuk foto produk furnitur melalui situs jejaring sosial Instagram berpengaruh efektif terhadap persepsi konsumen. Tampilan visual dinyatakan efektif sebagai media promosi produk furnitur melalui situs jejaring sosial Instagram berdasarkan 4 dimensi EPIC. Adapun dimensi Empathy dan Impact menjadi aspek yang paling dominan. Pemetaan tampilan visual yang digunakan sebagai foto promosi selain dipengaruhi oleh dimensi Empathy dan dimensi Impact, juga dipengaruhi secara dominan oleh prinsip desain terkait, yaitu; Unity dan Domination. Kedua dimensi mempunyai nilai korelasi signifikan dibanding dimensi lainnya.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Furnitur, Instagram, Persepsi Konsumen, Model EPIC, Prinsip Desain.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:51
Last Modified: 18 Apr 2023 06:51
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4860

Actions (login required)

View Item View Item