Pietra, Jane Luvena (2019) Intervensi Guided Imagery untuk Menurunkan Kecemasan Performa Musikal pada Siswa-Siswi yang Mengalami Kecemasan Performa Musikal. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 3 (2). pp. 83-88.
Text
Jane_L__Pietra_-_Intervensi_Guided_Imagery_untuk_Menurunkan_Kecemasan_Performa_Musikal_pada_Siswa-Siswi_yang_Mengalami_Kecemasan_Performa_Musikal.pdf Download (196kB) |
Abstract
Menampilkan performa musikal di muka umum bisa merupakan sumber stres utama dan menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program intervensi guided imagery untuk mengurangi kecemasan performa musikal kepada siswa-siswi musik yang mengalami kecemasan performa musikal dan akan menghadapi resital akhir. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang (2 perempuan dan 1 laki-laki) serta berada pada rentang usia antara 18-27 tahun. Kecemasan performa musikal diukur dengan menggunakan kuesioner yang dibuat oleh peneliti. Intervensi dalam penelitian ini dilangsungkan sebanyak 6 sesi, dimana 2 diantaranya digunakan sebagai pengukuran pra-intervensi dan paska-intervensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat penurunan kecemasan diantara 3 partisipan yang diukur melalui kuesioner serta wawancara
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intervensi; kecemasan; kecemasan performa musikal; intervensi; guided imagery |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Universitas Pembangunan Jaya |
Depositing User: | Alexandro Andika |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 00:55 |
Last Modified: | 20 Apr 2023 00:55 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4906 |
Actions (login required)
View Item |