Intervensi Guided Imagery untuk Menurunkan Kecemasan Performa Musikal pada Siswa-Siswi yang Mengalami Kecemasan Performa Musikal

Pietra, Jane Luvena (2019) Intervensi Guided Imagery untuk Menurunkan Kecemasan Performa Musikal pada Siswa-Siswi yang Mengalami Kecemasan Performa Musikal. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 3 (2). pp. 83-88.

[img] Text
Jane_L__Pietra_-_Intervensi_Guided_Imagery_untuk_Menurunkan_Kecemasan_Performa_Musikal_pada_Siswa-Siswi_yang_Mengalami_Kecemasan_Performa_Musikal.pdf

Download (196kB)

Abstract

Menampilkan performa musikal di muka umum bisa merupakan sumber stres utama dan menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program intervensi guided imagery untuk mengurangi kecemasan performa musikal kepada siswa-siswi musik yang mengalami kecemasan performa musikal dan akan menghadapi resital akhir. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang (2 perempuan dan 1 laki-laki) serta berada pada rentang usia antara 18-27 tahun. Kecemasan performa musikal diukur dengan menggunakan kuesioner yang dibuat oleh peneliti. Intervensi dalam penelitian ini dilangsungkan sebanyak 6 sesi, dimana 2 diantaranya digunakan sebagai pengukuran pra-intervensi dan paska-intervensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat penurunan kecemasan diantara 3 partisipan yang diukur melalui kuesioner serta wawancara

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: intervensi; kecemasan; kecemasan performa musikal; intervensi; guided imagery
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 20 Apr 2023 00:55
Last Modified: 20 Apr 2023 00:55
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4906

Actions (login required)

View Item View Item