Novianty, Suci Marini (2019) Brand Politik Presiden Jokowi di Kanal Berita Daring. Brand Politik Presiden Jokowi Di Kanal Berita Daring, 6 (2). pp. 96-109. ISSN 2597-8624
Text
Suci_Marini_-_Brand_Politik_Presiden_Jokowi_di_Kanal_Berita_Daring.pdf Download (755kB) |
Abstract
Penelitian ini secara empiris meneliti citra brand Jokowi sebagai seorang petahana dalam berita-berita yang tayang di tiga laman berita daring dengan pengakses terbanyak di Indonesia, Tribunnews.com; Detik.com; dan Liputan6.com dalam kerangka pemerintahan periode pertama dalam rentang waktu tahun 2014 - 2018. Peneliti mengambil fokus bahwa brand dibangun dari asosiasi brand yang disematkan, isu yang dipilih, hingga visibility dan valensi berita yang terlihat dari sentimen pemberitaan. Peneliti juga menggali mediatisasi politik serta kampanye permanen yang dilakukan oleh Jokowi, petahana pada Pilpres 2019. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa terdapat perbedaan antara brand yang dibangun oleh Jokowi saat menjadi kandidat pada 2014 dan presiden periode pertama. Namun terdapat kesamaan bahwa pemberitaan Jokowi lebih banyak bernada positif dibandingkan negatif. Temuan ini mengimplikasikan bahwa citra brand politik yang dibangun oleh Jokowi, memang dipengaruhi oleh asosiasi brand yang dikaitkan dengan namanya, isu yang diberitakan oleh media massa, hingga penempatan deskripsi tentang dirinya serta sentimen dalam konten pemberitaan.
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berita daring, Brand politik, Jokowi, Petahana |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Universitas Pembangunan Jaya |
Depositing User: | Alexandro Andika |
Date Deposited: | 03 May 2023 03:17 |
Last Modified: | 03 May 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
View Item |