Model Pembelajaran untuk Kesulitan Belajar Mata Kuliah Pengantar Akuntansi

Zai, Maria Vincentia and Nurhidayah, Fitriyah (2020) Model Pembelajaran untuk Kesulitan Belajar Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Neraca, 4 (2). pp. 155-171. ISSN 2615-3025

[img] Text
Fitriyah_Nurhidayah_-_Model_Pembelajaran_untuk_Kesulitan_Belajar_Mata_Kuliah_Pengantar_Akuntansi.pdf

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Akuntansi, ditinjau dari metode dan media pembelajaran yang diinginkan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan data primer yaitu hasil wawancara dan kuesioner melalui g-form, serta data sekunder yaitu dokumentasi dari kajian-kajian literatur dengan teknik analisa kualitiatif. Model pembelajaran Contextual Learning and Teaching (CTL) merupakan solusi atas masalah, sebab model CTL mengakomodir diterapkannya keseluruhan metode pembelajaran yaitu diskusi, restirasi dan tanya jawab, serta media pembelajaran yaitu media produktif. Pada model CTL mahasiswa ditingkatkan keaktifan untuk mengeksplorasi materi yang diterima, mengaitkannya dengan masalah nyata, dan memberi hasil nyata atas pengetahuan yang diterima. Berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam berpikir luas, mendalam, kritis, logis dan kreatif. Sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dari sisi proses maupun hasil pembelajaran.

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pengantar Akuntansi, Model Pembelajaran
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 03 May 2023 07:27
Last Modified: 03 May 2023 07:27
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item