Corporate Disclosure melalui Media Sosial untuk Mengurangi Asimetri Informasi

Wisnantiasri, Sila Ninin and Mutira, Putri Mutira (2020) Corporate Disclosure melalui Media Sosial untuk Mengurangi Asimetri Informasi. Corporate Disclosure melalui Media Sosial, 7 (1). pp. 7-12. ISSN 2597-8624

[img] Text
Sila_Ninin_-_Corporate_Disclosure_Melalui_Media_Sosial.pdf

Download (443kB)
Official URL: https://doi.org/10.36262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengungkapan informasi perusahaan (corporate disclosure) yang berguna untuk pengambilan keputusan investor melalui media sosial perusahaan dapat mengurangi asimetri informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan sampel perusahaan Consumer Goods Industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018. Sektor industri ini dipilih karena diduga akan menghasilkan prediksi yang lebih kuat konsumennya adalah retail dibandingkan dengan konsumen bisnis. Penelitian ini menguji apakah pengungkapan informasi melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter yang dimiliki perusahaan mampu menurunkan asimetri informasi. Kedua platform media sosial tersebut dipilih karena banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda, diperoleh hasil yang mengejutkan dimana media sosial yang berpengaruh signifikan pada asimetri informasi adalah Facebook, sedangkan media sosial Twitter tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap asimetri informasi..

Item Type: Artikel
Uncontrolled Keywords: Corporate disclosure, Media sosial, Asimetri informasi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 08 May 2023 06:06
Last Modified: 08 May 2023 06:06
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item