Dyanasari, Reni and Silvialestari, Dewi and Mutma, Fasya Syifa (2021) Pelatihan Komunikasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Semangat Wirausaha di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdimas Sosial dan Humaniora, 2 (3). pp. 120-129. ISSN 2775-6998
Text
Jurnal_ADPI.pdf Download (468kB) |
Abstract
Perkembangan informasi dan teknologi dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk membuat produknya dapat dikenali, diterima, dan dimanfaatkan oleh konsumennya. Memanfaatkan media sosial dan marketplace merupakan upaya yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan usahanya. Pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak dan masyarakat di sekitarnya sudah memiliki usaha yang dijalankan oleh kelompok dan individu di bidang makanan dan mode. Selama ini kegiatan pemasaran yang dilakukan adalah dengan menawarkan produk kepada warga sekitar dan pengunjung yang datang ke area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Sejak pandemi covid 19, para pelaku usaha merasa perlu upaya untuk melakukan pemasaran digital agar usahanya tetap dapat dijalankan meskipun dilakukan pembatasan kegiatan fisik dari warga sekitar atau pengunjung yang menjadi sasaran usaha sebelumnya. Namun pelaku usaha memerlukan beberapa kiat-kiat untuk membuat strategi pemasaran digital memanfaatkan media sosial dan marketplace. Tim pengabdian masyarakat melakukan kegiatan seminar daring dengan menyampaikan materi yang melibatkan konsep-konsep dalam konteks Komunikasi Pemasaran. Kemudian, dibedah terlebih dahulu mengenai definisi komunikasi pemasaran online, media sosial, ecommerce, marketplace, hingga memperkenalkan strategi membuat konten yang menarik untuk pemasaran di media sosial dan marketplace. Selain itu peserta seminar juga mendapatkan tips dan trik untuk memproduksi konten menggunakan alat yang sederhana namun tetap menarik calon konsumen melalui media sosial dan marketplace. Dalam pelaksanaan seminar daring, peserta diberikan pra-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta mengenai materi yang disampaikan. Setelah mengikuti seminar, hasil post-test menunjukkan peserta seminar memahami materi yang disampaikan dengan baik.
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi pemasaran digital, media sosial, marketplace. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Universitas Pembangunan Jaya |
Depositing User: | Alexandro Andika |
Date Deposited: | 09 May 2023 08:09 |
Last Modified: | 09 May 2023 08:09 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5103 |
Actions (login required)
View Item |