Pelatihan Daring Goal Setting dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Mahasiswa

Zuldha, Rahma Dina and Kaihatu, Veronica Anastasia Melany (2020) Pelatihan Daring Goal Setting dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Mahasiswa. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri Peran Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat di Era Revolusi Industri 4.0, 01 (01). pp. 204-209.

[img] Text
PELATIHAN DARING GOAL SETTING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Motivasi akademik merupakan pendorong individu untuk mencapai tujuan akademiknya. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi akademik adalah dengan memiliki goal setting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh goal setting terhadap peningkatan motivasi akademik yang dimiliki mahasiswa peserta mata kuliah skripsi. Penelitian kuantitatif eksperimental ini menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest dengan perlakuan berupa pemberian pelatihan goal setting. Pelatihan diberikan secara daring kepada 30 mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya yang mengambil skripsi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perubahan motivasi akademik adalah Academic Motivational Scale (AMS) sedangkan Modified Goal Setting Questionnaire (MGSQ) menjadi bagian dari pelatihan untuk memastikan bahwa pelatihan yang diberikan mencapai targetnya. Pelaksanaan pelatihan berhasil mengubah pemahaman dan goal setting para peserta, yang terlihat dari peningkatan mean MGSQ. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa goal setting tidak meningkatkan motivasi akademik para partisipan, meskipun terjadi peningkatan mean kelompok. Pelaksanaan pelatihan secara daring menjadi salah satu hal penting yang perlu dievaluasi lebih lanjut.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: goal setting, motivasi akademik, mahasiswa, skripsi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 15 May 2023 07:50
Last Modified: 15 May 2023 07:50
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item