Pembuatan Alat ukur Flemming’s Learning Styles untuk Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Jaya

Syahzan, Nadhine and Yulianto, Aries (2020) Pembuatan Alat ukur Flemming’s Learning Styles untuk Mahasiswa Baru Universitas Pembangunan Jaya. Prosiding E-Conference Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara. pp. 298-304.

[img] Text
pembuatan_alat_ukur_Learning_Styles_UPJ_Nadhine_Aries_Proceeding_-_KPIN_Conference_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemilihan program studi sering kali menyulitkan bagi calon mahasiswa, begitu juga yang terjadi di Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). Di sisi lain, gaya belajar dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang, terutama dalam akademik. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat mengukur gaya belajar calon mahasiswa UPJ yang kemudian hasilnya dapat mengetahui program studi apa yang cocok dengan dirinya. Alat ukur ini juga dapat digunakan untuk membantu proses seleksi mahasiswa penerima beasiswa dengan tujuan agar mahasiswa penerima beasiswa dapat belajar pada program studi yang memang cocok dengan diri mereka. Dikarenakan adanya pandemi COVID-19, maka dibuat alat ukur yang dapat diadministrasikan secara daring atau melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah alat ukur berdasarkan teori gaya belajar Flemming, yang kemudian hasilnya dapat mengetahui program studi apa yang cocok dengan dirinya. Flemming membagi gaya belajar menjadi 4, yaitu Visual, Aural/Auditory, Read/Write dan Kinesthetic yang disingkat menjadi VARK. Sebelum membuat alat ukur, peneliti melakukan studi literatur serta melihat kecocokan antara tipe gaya belajar dengan masing-masing program studi yang ada di UPJ melalui wawancara dengan kaprodi serta profil setiap prodi. Alat ukur ini terdiri dari 16 buah soal berformat pilihan ganda dimana peserta tes diberikan sebuah situasi lalu diminta untuk memilih mana saja pilihan jawaban yang sesuai dengan dirinya berkaitan dengan situasi tersebut. Ada empat pilihan jawaban yang diberikan pada setiap soal dimana masing-masing pilihan menunjukkan setiap tipe gaya belajar. Sebagai studi awal penyusunan alat ukur gaya belajar, peneliti meminta expert judgement kepada seorang dosen program studi Psikologi dan uji keterbacaan kepada lima orang siswa SMA. Studi berikutnya diperlukan pengujian psikometri secara kuantitatif lebih lanjut.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: gaya belajar; VARK; Calon Mahasiswa Baru; Universitas Pembangunan Jaya
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 16 May 2023 07:50
Last Modified: 16 May 2023 07:50
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item