Pedampingan Guru Pandai Bersama Bebras Indonesia dalam Implementasi Informatika pada Kurikulum Sekolah di Kelurahan Bintaro

Jaya, Safitri and Hermawan, Hendi and Alfat, Lathifah (2021) Pedampingan Guru Pandai Bersama Bebras Indonesia dalam Implementasi Informatika pada Kurikulum Sekolah di Kelurahan Bintaro. E-PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. pp. 88-92. ISSN 978-623

[img] Text
2021-1_USM_Gerakan_Pandai.pdf

Download (757kB)

Abstract

Menjalani aktivitas pembelajaran pada era digital saat ini sangat dituntut adanya kemampuan berpikir kritis (Critical Thinking) dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang mengarah pada pembentukan solusi dengan menggunakan langkah komputasi dan algoritma (Computational Thinking). Kemampuan ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi guru maupun siswa yang berlangsung hingga masa yang akan datang. Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam dua kompetensi tersebut, Biro Bebras UPJ bersama dengan Bebras Indonesia turut serta dalam penyelenggaraan program guru PANDAI (Pengajar dalam Era Digital Indonesia). Program ini diselenggarakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa secara bertahap. Pada tahap 1, peserta terdiri dari kelompok guru inti yaitu guru pengampu mata pelajaran baik bidang matematika, sains, sosial, bahasa, agama dan TIK. Pada tahap 2, peserta terdiri dari kelompok guru sasaran yaitu guru pendamping mata pelajaran pada bidang yang sama dengan kelompok guru inti. Pada tahap 1 dan 2, setiap guru diberikan penyuluhan, pelatihan serta pendampingan. Dalam penerapannya dibutuhkan kreativitas seorang guru ketika merancang lembar kerja/tugas/soal ujian. Tidak hanya mampu merancang soal dan jawaban, namun Guru harus mampu menjelaskan langkah�langkah penyelesaian, strategi alternatif dalam penyelesaian soal, serta kemampuan untuk memodifikasi soal. Pada tahap 3 peserta terdiri dari siswa yang dilatih melalui latihan-latihan soal yang tersedia pada LMS Bebras Indonesia. Adanya kemampuan Critical Thinking dan Computational Thinking akan membangun kemampuan serta kreativitas anak didik dalam memahami maksud dari lembar kerja/tugas/soal ujian yang diberikan oleh guru di kelas. Kedepannya, kemampuan ini turut menjadi satu capaian pembelajaran yang perlu dituangkan dalam mata pelajaran Informatika secara khusus dan kurikulum secara luas di masing-masing sekolah.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Uncontrolled Keywords: Critical Thinking, Computational Thinking, Bebras Indonesia, pelatihan, pendampingan
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 17 May 2023 01:33
Last Modified: 17 May 2023 01:33
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5214

Actions (login required)

View Item View Item