ANALISIS AKSESIBILITAS SIRKULASI PADA SLB TUNA NETRA BERDASARKAN PRINSIP DESAIN INKLUSIF. Studi Kasus: SLB A Pembina Tingkat Nasional

Nadhifa, Amani Nugroho (2019) ANALISIS AKSESIBILITAS SIRKULASI PADA SLB TUNA NETRA BERDASARKAN PRINSIP DESAIN INKLUSIF. Studi Kasus: SLB A Pembina Tingkat Nasional. Undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Jaya.

[img] Text
01 - COVER JUDUL.docx.pdf

Download (275kB)
[img] Text
07 - RINGKASAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penyandang tuna netra dalam bergerak membutuhkan lingkungan yang partisipatif, terutama dalam aspek aksesibilitas sirkulasi pada bangunan atau fasilitas umum. Aksesibilitas sirkulasi yang mampu digunakan oleh manusia berkebutuhan khusus harus memiliki desain yang inklusif. SLB A Pembina Tingkat Nasional merupakan salah satu fasilitas bangunan sekolah pertama yang digunakan oleh penyandang tuna netra dalam memberikan pengetahuan bergerak di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kebutuhan bergerak penyandang tuna netra dalam mengetahui lingkungannya, terutama dalam aspek aksesibilitas sirkulasi mencapai ruang yang dituju berdasarkan kegiatan belajar. Penelitian ini untuk mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi kemudahan aksesibilitas sirkulasi penyandang tuna netra menggunakan prinsip-prinsip desain inklusif sebagai tolak ukur. Penelitian dilakukan dengan cara observasi lapangan dengan melakukan pemetaan terhadap pencapaian setiap ruang yang berhubungan dengan kegiatan belajar dan melakukan observasi kondisi eksisting aksesibilitas sirkulasi serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan demikian, dapat dipahami kebutuhan dan kemudahan aksesibilitas sirkulasi tuna netra dalam pencapaian ruang yang ditujunya berdasarkan prinsip-prinsip desain inklusif

Item Type: Karya Tulis Ilmiah (KTI) (Undergraduate)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > Arsitektur
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 02 Apr 2020 20:29
Last Modified: 02 Apr 2020 20:29
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item