Mengatasi Kecemasan terhadap Tes

Soerjoatmodjo, Gita Widya Laksmini (2018) Mengatasi Kecemasan terhadap Tes. Mengatasi Kecemasan terhadap Tes, 4 (3). pp. 1-3. ISSN 2477-1686

[img] Text
Mengatasi_Kecemasan_terhadap_Tes1.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penting bagi orang tua dan guru untuk menyadari hal ini. Sarason (1972) menyebutkan tentang pemberian instruksi yang menenangkan oleh orang tua. Komunikasi seperti ini menekankan bahwa kegagalan adalah bagian yang lazim dalam belajar, menghargai usaha, memberikan umpan baik tentang tujuan dan kesuksesan akademik yang realistis. Sarason dalam Ziedner (1998) juga menjelaskan bahwa guru dapat memberikan instruksi tes yang berorientasi pada tugas. Ketimbang mengungkapkan ekspresi evaluatif, guru dapat menyampaikan pernyataan-pernyataan seperti “Pusatkan perhatianmu pada tes” atau “Jangan pikirkan hal-hal lain” karena instruksi seperti ini dapat mengembalikan fokus siswa yang konsentrasinya buyar karena cemas. Siswa yang melakukan relaksasi dan memiliki keterampilan belajar yang efektif, didukung dengan orang tua memberikan instruksi menenangkan dan guru yang memberikan instruksi berorientasi tugaslah yang paling siap menghadapi kecemasan menghadapi tes.

Item Type: Artikel Jurnal/Prosiding
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:26
Last Modified: 06 Oct 2023 01:26
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5611

Actions (login required)

View Item View Item