Soerjoatmodjo, Gita Widya Laksmini (2021) Regulasi Diri dan Adaptasi Mahasiswa di Tahun Pertama Berkuliah. Regulasi Diri dan Adaptasi Mahasiswa di Tahun Pertama Berkuliah, 7 (23). pp. 1-4. ISSN 2477-1686
Text
Regulasi_Diri_dan_Adaptasi_Mahasiswa_di_Tahun_Pertama_Berkuliah.pdf Download (178kB) |
Abstract
Terkait konteks pandemi Covid-19 dan pembelajaran dalam jaringan, Irawan, Dwisona dan Lestar (2020) merekomendasikan konseling dalam jaringan sebagai bentuk layanan pendukung. Podlog (2021) juga Cruz dan Kwinta (2013) mengusulkan sistem perkawanan (buddy system) guna mengatasi deficit interaksi sosial yang terjadi dalam pembelajaran dalam jaringan terutama dengan moda asinkronus. Murphy, Das dan Henry (2020) mengusulkan agar sistem perkawanan ini melibatkan mahasiswa senior sebagai mentor dari mahasiswa tahun pertama sebagai mentee dalam interaksi seperti sapaan harian (daily ‘check-in’) secara virtual. Baik konseling maupun buddy system ini tak hanya untuk memberikan dukungan sosial tetapi untuk membentuk perilaku regulasi diri pada mahasiwa tahun pertama. Melalui program peningkatan regulasi diri, utamanya kini bermoda virtual, maka universitas dapat membantu mahasiswa tahun pertama untuk beradaptasi dengan dunia perguruan tinggi dengan lebih efektif.
Item Type: | Artikel Jurnal/Prosiding |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Universitas Pembangunan Jaya |
Depositing User: | Alexandro Andika |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 02:03 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 02:03 |
URI: | http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5790 |
Actions (login required)
View Item |