Regulasi Diri dan Adaptasi Mahasiswa di Tahun Pertama Berkuliah

Soerjoatmodjo, Gita Widya Laksmini (2021) Regulasi Diri dan Adaptasi Mahasiswa di Tahun Pertama Berkuliah. Regulasi Diri dan Adaptasi Mahasiswa di Tahun Pertama Berkuliah, 7 (23). pp. 1-4. ISSN 2477-1686

[img] Text
Regulasi_Diri_dan_Adaptasi_Mahasiswa_di_Tahun_Pertama_Berkuliah.pdf

Download (178kB)

Abstract

Terkait konteks pandemi Covid-19 dan pembelajaran dalam jaringan, Irawan, Dwisona dan Lestar (2020) merekomendasikan konseling dalam jaringan sebagai bentuk layanan pendukung. Podlog (2021) juga Cruz dan Kwinta (2013) mengusulkan sistem perkawanan (buddy system) guna mengatasi deficit interaksi sosial yang terjadi dalam pembelajaran dalam jaringan terutama dengan moda asinkronus. Murphy, Das dan Henry (2020) mengusulkan agar sistem perkawanan ini melibatkan mahasiswa senior sebagai mentor dari mahasiswa tahun pertama sebagai mentee dalam interaksi seperti sapaan harian (daily ‘check-in’) secara virtual. Baik konseling maupun buddy system ini tak hanya untuk memberikan dukungan sosial tetapi untuk membentuk perilaku regulasi diri pada mahasiwa tahun pertama. Melalui program peningkatan regulasi diri, utamanya kini bermoda virtual, maka universitas dapat membantu mahasiswa tahun pertama untuk beradaptasi dengan dunia perguruan tinggi dengan lebih efektif.

Item Type: Artikel
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:03
Last Modified: 18 Sep 2023 02:03
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item