Mengasah Keterampilan Mendengarkan untuk Tenaga Pendidik

Parulian, Nathaniel Antonio (2022) Mengasah Keterampilan Mendengarkan untuk Tenaga Pendidik. Technical Report. Universitas Pembangunan Jaya, Tangerang Selatan.

[img] Text
5__LAPORAN_KEGIATAN_23_FEB_2022_-_FULL_APPROVAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi Interpersonal dan Pendidikan adalah dua hal yang bersinggungan yang sering kali ditemui dalam institusi pendidikan. Komunikasi Interpersonal memiliki ragam bentuk yang dapat diterapkan dalam institusi pendidikan, salah satunya mengenai sikap mendengarkan, sehingga menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas dan diperbincangkan khususnya bagi profesi guru TK/SD/SMP/SMA/SMK yang kerap bersinggungan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar dikelas maupun diruang virtual. Berangkat dari pengamatan tersebut maka pada kesempatan ini, narasumber merasa perlu untuk mengajak para guru untuk mengingat kembali esensi tugas sebagai seorang guru yang tidak hanya bertugas untuk mengajar, menyampaikan materi pembelajaran, membimbing namun seorang guru perlu melakukan tugasnya dalam mencerna pesan suara yang disampaikan oleh peserta didik. Oleh karea itu, tujuan atas pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pemahaman, pengetahuan serta membuka cakrawala berpikir kepada para peserta seminar virtual mengenai pentingnya upaya konkret dari seorang guru dalam mengasah keterampilan mendengarkan aktif. Dalam kegiatan workshop virtual ini, narasumber banyak melibatkan berbagai konsep-konsep praktis dan sederhana dalam konteks Komunikasi Interpersonal sehingga akan memudahkan peserta workshop virtual untuk mendapatkan pemahaman terkait tugas utama dan mulia seorang guru yakni mengasah keterampilan mendengarkan sehingga pada akhirnya mampu menjadi pendengar yang baik untuk peserta didik.

Item Type: Laporan Penelitian Dosen (Technical Report)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Universitas Pembangunan Jaya
Depositing User: Alexandro Andika
Date Deposited: 11 Sep 2023 01:12
Last Modified: 11 Sep 2023 01:12
URI: http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item